Date
Breast Cancer Ribbon

Manfaat Puasa

posted by:
noenknoenk

Bismillahirrahmanirrahim

Perintah Berpuasa

Puasa adalah salah satu ibadah, yang Allah SWT perintahkan kepada manusia. Perintah untuk berpuasa disebutkan jelas dalam Al Qur’an maupun hadits Rasulullah saw.

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”(QS. Al Ahzab:35)

”Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”(QS Al Baqarah: 183)

Berdasarkan beberapa kutipan ayat-ayat Al Qur’an di atas, dapat disimpulkan bahwa ibadah puasa sangat penting bagi kehidupan seorang muslim, terutama di bulan Ramadhan, ketika itu umat muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa. Lalu sebenarnya apa manfaat berpuasa bagi kita, selain mendapat pahala dari Allah SWT? Apakah Allah memberikan perintah yang tidak bermanfaat bagi kehidupan kita?
Sebelum itu, mari kita bahas mengenai hubungan antara ayat-ayat kauliyah dan kauniyah. Sesungguhnya terdapat hubungan, antara ayat-ayat kauliyah (ilmu pengetahuan) maupun kauniyah (ayat-ayat Al Qur’an). Ayat-ayat kauniyah memberikan isyarat untuk ayat-ayat kauliyah. Sebaliknya, pembuktian ayat-ayat qauliyah, merupakan bukti bagi kebenaran ayat-ayat qauniyah. Selanjutnya, kita akan bahas mengenai manfaat puasa, yang sudah banyak diakui dan dibuktikan, menurut ilmu pengetahuan modern.

Manfaat Puasa, Menurut Perspektif Ilmu Kesehatan

Berdasarkan pendapat sejumlah ahli kesehatan, puasa dapat memberikan berbagai manfaat, bagi yang melaksanakannya, di antaranya untuk ketenangan jiwa, menghilangkan stres, meningkatkan daya tahan tubuh, serta memelihara kesehatan dan kecantikan. Puasa selain bermanfaat untuk ketenangan jiwa, dan terhindar dari stres, juga dapat menyehatkan badan dan dapat membantu penyembuhan berbagai macam penyakit. Selain itu, puasa dapat membuat awet muda, atau menunda proses penuaan. Supaya kondisi fisik selalu sehat dan bugar, organ-organ tubuh harus mendapatkan kesempatan untuk istirahat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berpuasa.
Saat berpuasa, organ-organ tubuh dapat beristirahat, dan miliaran sel dalam tubuh, bisa menyatu untuk bertahan hidup. Puasa berfungsi sebagai detoksifikasi, untuk mengeluarkan kotoran, toksin/racun dari dalam tubuh, meremajakan sel-sel tubuh, dan mengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak dengan yang baru, serta untuk memperbaiki fungsi hormon, menjadikan kulit sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh, karena manusia mempunyai kemampuan terapi alamiah.
Puasa dapat membuat kulit menjadi segar, sehat, lembut, dan berseri. Karena, setiap saat tubuh mengalami metabolisme energi, yaitu peristiwa perubahan, dari energi yang terkandung dalam zat gizi, menjadi energi potensial dalam tubuh. Sisanya akan disimpan di dalam tubuh, sel ginjal, sel kulit, dan pelupuk mata, serta dalam bentuk lemak dan glikogen. Manusia mempunyai cadangan energi yang disebut glikogen. Cadangan energi tersebut dapat bertahan selama 25 jam. Cadangan gizi inilah yang sewaktu-waktu akan dibakar menjadi energi, jika tubuh tidak mendapat suplai pangan dari luar. Ketika berpuasa, cadangan energi yang tersimpan dalam organ-organ tubuh akan dikeluarkan, sehingga melancarkan pernapasan organ-organ tubuh, serta sel-sel penyimpanannya. Peristiwa ini disebut peremajaan sel. Dengan meremajakan sel-sel tubuh, akan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan dan kesehatan tubuh serta kulit kita. Oleh karena itu, orang yang sering berpuasa, kulitnya akan terlihat lebih segar, sehat, lembut, dan berseri karena proses peremajaan sel dalam tubuhnya, berjalan dengan baik.
Makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari, selain mengandung zat-zat gizi yang berguna untuk tubuh kita, juga mengandung bahan toksik atau racun, yang kemudian tertimbun dalam tubuh. Bahan toksik atau racun yang ada dalam tubuh kita, jika sudah terlalu banyak, dapat menyebabkan masalah pada tubuh, antara lain, tubuh menjadi mudah lelah, daya tahan tubuh menurun, dan mudah sakit. Dengan melakukan puasa, tubuh akan menggunakan energi cadangan. Penggunaan energi cadangan ini menyebabkan racun-racun terbuang dan sel-sel tubuh dibersihkan. Selain itu, di bagian pencernaan, terjadi juga pengeluaran racun, karena alat-alat pencernaan beristirahat sehingga dapat membersihkan diri, juga termasuk usus besar, yang merupakan pusat kotoran.
Berpuasa selain bermanfaat untuk detoksifikasi atau proses pengeluaran racun secara menyeluruh, juga bermanfaat untuk menambah tenaga. Hal tersebut disebabkan, racun-racun yang ada pada sel-sel dan jaringan tubuh telah dibersihkan, sehingga organ tubuh menjadi lebih bersih dan gizi yang masuk lebih mudah diserap. Berpuasa dapat membantu meningkatkan penyerapan gizi dari makanan yang dikonsumsi, karena dalam saluran pencernaan, sebelum makanan diserap, harus mengalami proses perubahan, dari bentuk padat menjadi komponen-komponen yang sangat halus. Pada saat berpuasa, saluran pencernaan beristirahat selama beberapa jam. Dengan istirahatnya saluran pencernaan tersebut, akan menjadi lebih baik dalam memproses dan menyerap makanan yang dikonsumsi, sehingga akan lebih bertenaga, sehat, dan kuat.
Wallahu’alam.
http://rahmatfkunair.blogspot.com/2009/03/puasa-perintah-allah-swt-yang-diakui.html

hr

Leave a Reply